HIDUPKAN BUMDES SEBAGAI TOMBAK PEREKONOMIAN


BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) merupakan badan usaha yang dikelola oleh masyarakat desa dalam upaya memperkuat perekenomian desa dan dibentuk dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki desa.
BUMDES Prekbun yang berdiri pada tahun 2014 telah memiliki dua usaha yaitu penggemukan sapi dan usaha simpan pinjam. Namun, dalam pengelolaan usaha tersebut BUMDES Prekbun memiliki kendala-kendala sehingga bersama kelompok KKN 26 Universitas Trunojoyo Madura melakukan pertemuan pada 29 Juli 2018 di Balai Desa Prekbun. Pertemuan tersebut memuat sosialisasi dan pelatihan dengan pokok pembahasan peluang dan tantangan pengelolaan bumdes.
Pertemuan tersebut dihadiri oleh pengurus BUMDES, perangkat desa, pemuda, ibu-ibu pkk, serta hadir pula dosen Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Isdiana Suprapti, SP., MM. Pertemuan yang dimoderatori oleh Musyarofa tersebut berjalan cukup lancar, dengan pokok pembahasan utama yaitu mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi BUMDES Prekbun dan peluang yang dapat dikembangkan oleh BUMDES Prekbun.

Pertemuan BUMDES Prekbun

Dr. Isdiana Suprapti menyatakan bahwa BUMDES Prekbun dapat terus berkembang dengan adanya semangat dari pengurus BUMDES dan para perangkat desa serta adanya potensi desa seperti sumber air serapan, pasar desa, dan predikat desa Prekbun sebagai desa wirausaha.
Dalam pertemuan tersebut mahasiswa KKN 26 Universitas Trunojoyo Madura juga menyanggupi untuk membantu pengurus BUMDES dalam memperbaiki administrasi BUMDES. Mahasiswa melakukan pendampingan pada bendahara BUMDES dalam membuat laporan keuangan serta membantu dalam melakukan penyusunan AD-ART.
Pendampingan yang dilakukan mahasiswa KKN 26 UTM dilakukan secara berkala yaitu pada tanggal 30-31 Juli 2018. Mahasiswa dan bendahara BUMDES memperbaiki laporan keuangan BUMDES. Laporan keuangan yang dibuat memuat kas umum, jurnal umum, laporan laba-rugi, dan neraca. Menurut Awanda Siwi (mahasiswa KKN 26 jurusan Akuntansi) dalam BUMDES laporan minimal memuat laporan-laporan tersebut. (Fa)

0 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun