IBU PKK: RUTINITAS DISELA PADATNYA AKTIVITAS


Jum’at (20/07/2018) Dalam kehidupan sehari hari agama merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kebutuhan bagi manusia. Agama menjadi pondasi arah tujuan serta pedoman bagi kehidupan, sehingga tidak heran banyak ditemui tradisi tradisi keagamaan dikalangan masyarakat. Hal ini tidak lain sebagai wujud hakikat untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta. Seperti halnya tradisi keagamaan (yasinan) yang dilakukan oleh ibu-ibu di Desa Prekbun, kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah mendarahdaging, pada jumat sore mahasiswi kkn 26 universitas trunojoyo madura bersama Ibu Kepala Desa Prekbun diberi kesempatan untuk menghadiri kegiatan yasinan.
Yasinan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at ba’da ashar di desa prekbun. Yasinan bukan saja bentuk dari tradisi keagamaan semata selain itu juga sebagai penyambung tali silaturahmi antar warga. Setiap pertemuan diisi dengan awalan pembacaan al- fatikhah, pembacaan tahlil, yasin dan doa bersama. yasinan adalah kegiatan religi yang memberikan ketenangan rohani. Peserta kegiatan yasinan tidak diberi batasan usia. Ibu-ibu sangat antusias meluangkan waktu disela padatnya aktivitas kerja dan kewajiban rumah tangga.
            Kegiatan yasinan ini dilakukan dua minggu sekali di rumah warga secara berurutan. Kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan acara arisan. Sehingga, setelah acara yasinan selesai ibu-ibu memilih siapa yang akan mendapatkan uang arisan giliran sekaligus tempat yasinan selanjutnya. Pemilihan dilakukan dengan mengocok yang didalamnya sudah tertera nama-nama warga yang mengikuti arisan.(Tu'ti)

0 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun