PAMERAN DARING DESIMINASI ONLINE

      Komitmen pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan di desa terus ditingkatkan melalui kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi salah satu upaya yang saat ini gencar diwacanakan adalah pengembangan produk desa. Hal ini sebenarnya bukan barang baru, karena pada pemerintahan sebelumnya juga sudah diwacanakan konsep one village one product sebagai pengembangan produk unggulan desa melalui kementrian koperasi dan UMKM desa.
Salah satu produk unggulan di desa Prekbun adalah pisang. Ketersediaan pisang di desa Prekbun sangat melimpah, akan tetapi pisang di desa Prekbun ini hanya dijual seadanya, tidak ada inovasi yang bisa membuat pisang itu menjadi makanan lain atau bisa dikatakan menambah nilai jual dari si pisang. Hal ini berbanding terbalik dengan pisang yang merupakan tanaman multimanfaat. Padahal komoditas pisang mempunyai peluang besar untuk dimanfaatkan dalam aneka industry makanan berbahan dasar pisang. Dalam rangka menambah daya jual si pisang, KKN 26 UTM yang bertempat di desa Prekbun menciptakan inovasi terbaru dalam pengelolaan pisang, yaitu dijadikan nugget pisang dan sale pisang.  
Harga jual nugget yaitu Rp.10.000 perbungkusnya. Sedangkan harga jual sale pisang perbungkusnya yaitu Rp. 7.000 Mengenai pangsa pasar dari produk nugget pisang dan sale pisang  ini cukup menjanjikan. Bisa dilihat bahwasannya orang jaman sekarang suka yang namanya simple. Dengan adanya produk nugget pisang ini membantu ibu-ibu yang sibuk bekerja tidak merasa kesulitan lagi untuk menyajikan cemilan yang simple dan tentunya bergizi.
Segmentasi pasar untuk penjualan produk nugget pisang  ini difokuskan pada penjualan semua kalangan masyarakat. Karena nugget pisang banyak disukai oleh masyarakat, dan belum ada produk serupa di desa Prekbun.
Sedangkan target pasar pada penjualan nugget dan sale pisang ini untuk semua kalangan. Karena promosi bisnis yang digunakan melalui media sosial.




Nugget Pisang


  Bahan-bahan yang diperlukan:
-              2 buah pisang
-              5 sdm tepung terigu
-              2 sdm gula
-              1 btr telur
-              1 sachet kental manis
-              Vanili secukupnya
-             Tepung panir/ tepung roti

Bahan Nugget


Cara membuat:
1. Lumat pisang sampai halus. Jika sudah halus, campurkan semua bahan kecuali tepung          roti
2. Jika sudah tercampur rata, tuang adonan ke dalam Loyang yang sudah diolesi margarin,        Kukus adonan selama ± 20 menit.
3. Angkat adonan yang sudah matang, lalu tunggu sampai adonan dingin.
4. Sambil menunggu adonan dingin, buat adonan basah (terigu, gula, vanili) untuk                    merekatkan adonan dengan tepung roti.
5. Iris persegi adonan yang sudah dingin menjadi beberapa bagian.
6. Celupkan adonan yang sudah diiris kedalam adonan basah.
7. Balut dengan tepung roti.
8. Nugget pisang bisa disajikan sesuai selera.





Sale Pisang


  Bahan-bahan yang diperlukan:
-                 Pisang Kepok
-                 Minyak goreng

Pisang yang telah di potong dan di keringkan

Cara membuat:

1. Iris tipis pisang yang sudah dikupas.
2. Jemur irisan pisang 2-3 hari atau sampai madu asli dari pisang keluar.
3. Goreng pisang yang sudak kering sampai berwarna kuning.
4. Angkat dan tiriskan.




Hasil Produk Nugget dan Sale

Nugget dan Sale dalam kemasan siap di pasarkan



2 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun