PEMBUATAN PRODUK OLAHAN PISANG BERSAMA IBU PKK PREKBUN


Pisang mudah tumbuh diberbagai tempat di daerah tropis, hal ini menjadikan pisang mudah ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Namun, pada umumnya petani pisang masih menjual pisangnya secara langsung tanpa adanya pengolahan. Hal ini pula yang terjadi di Desa Prekbun.
Komoditas pisang banyak tumbuh di Desa Prekbun, seperti pisang susu, pisang raja, dan pisang kepok. Mayoritas warga di Desa Prekbun menanam pisang di Pekarangan Rumahnya, dan lahan-lahan milik desa juga ditanami tanaman pisang. Hal ini menjadikan prekbun memiliki potensi dalam pengembangan usaha produk olahan pisang.

Tanaman Pisang di Lahan Milik Desa

Melihat adanya peluang ini, KKN 26 UTM berinisiatif untuk membuat produk unggulan desa berupa nugget pisang dan sale pisang. Pembuatan produk olahan pisang ini disambut antusias oleh warga desa terutama ibu PKK Prekbun. Sehingga dilakukan pelatihan produk olahan pisang pada hari minggu, 5 Agustus 2018 di Balai Desa Prekbun.
Pengolahan Produk pisang dihadiri oleh ibu PKK Prekbun yang diketuai ibu Aswati Ningsih. Dalam pengolahan tersebut ibu-ibu PKK mempraktekkan pembuatan produk pisang bersama mahasiswa. Pengolahan dimulai dari pembuatan nugget pisang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sale pisang.
Pembukaan acara pengolahan produk Pisang

Pembuatan nugget pisang dimulai dari penghalusan pisang, pencampuran adonan, pengukusan, pemotongan nugget, hingga penggorengan nugget dan pemberian topping nugget. Adapun pada pembuatan sale pisang dilakukan dengan pengirisan pisang, kemudian penggorengan pisang yang telah kering. Pisang yang telah kering ini telah disiapkan oleh mahasiswa karena pengeringan pisang memerlukan waktu hingga 2 hari.
Proses Pembuatan Nugget Pisang

Nugget pisang dan sale pisang dari Desa Prekbun diberi merek “Geddheprek” yang bermaksud Geddheng Prekbun (Pisang Prekbun). Produk ini dikemas dengan kemasan yang bagus dan kekinian menjadikan produk ini mendapatkan antusiasme yang sangat baik dari masyarakat Prekbun. Selain itu, kepala Desa Prekbun Drs. Syafiudin juga merencanakan adanya tindak lanjut dari masyarakat mengenai produk olahan pisang ini. (Fa)
Produk Olahan Pisang

1 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun