PERKEMBANGAN TEKNOLOGI: PERANGKAT DESA PREKBUN IKUTI PELATIHAN IT


Seiring perkembangan teknologi, kemampuan dalam mengaplikasikan komputer sangat diperlukan untuk keperluan administrasi seperti administrasi di tingkat  desa. Jum’at (27/07/2018) mahasiswa KKN 26 Universitas Trunojoyo Madura mengadakan pelatihan Information Technology (IT) di Balai Desa Prekbun, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan dengan pemateri Wildan Romadhoni Santoso. IT merupakan istilah yang digunakan untuk teknologi yang membantu manusia dalam menyusun, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi. Target dari pelatihan ini adalah perangkat Desa Prekbun.
Kepala Desa Prekbun, Bapak Drs. H. Syafiudin mengatakan bahwa “Kemampuan dalam mengaplikasikan komputer sangat diperlukan oleh perangkat desa untuk mempercepat pelayanan administrasi, dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua perangkat desa mampu menyusun surat-surat dan keperluan administrasi yang lain”. Setelah diberi arahan,  peserta pelatihan langsung mempraktekkan dengan didampingi oleh mahasiswa. Tujuan dari pelatihan ini adalah perangkat desa mampu menyusun surat seperti surat keterangan kelakuan baik dan surat keterangan tidak mampu.
“Perangkat Desa sangat antusias mengikuti pelatihan, karena prosedur yang diberikan bertahap dan didampingi secara intensif” ungkap Wildan Romadhoni selaku penanggung jawab kegiatan. Pelatihan  diberikan mulai dari dasar membuka aplikasi Microsoft Word, menyusun surat, hingga menyimpan file yang sudah selesai.  Pelatihan dilaksanakan setiap hari Jum’at  pukul 19.30 WIB selama kegiatan KKN di Desa Prekbun. -TT-

0 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun