SI HIJAU DI MUSIM KEMARAU


            Desa Prekbun secara administratif merupakan salah satu desa di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Secara geografi desa ini berbatasan dengan Desa Sopa’ah di sebelah barat, Desa Durbuk/Desa Jarin di sebelah timur, Desa Durbuk di sebelah utara dan Desa Jarin di sebelah selatan. Desa Prekbun merupakan desa yang memiliki luas 94,13 ha dengan luas lahan pertanian 66 ha. Hasil utama komoditas pertanian berupa padi dan tembakau. Tembakau madura memiliki areal perkembangan yang berpusat di dua kabupaten, yaitu  Sumenep dan Pamekasan.
Klasifikasi
Kingdom: Plantae
            Klass: Dicotyledonaea
                        Ordo: Personate
                                    Famili: Solanaceae
                                                Sub Famili: Nicotianae
                                                            Genus: Nicotiana
                                                                        Spesies: Nicotiana tabacum


Morfologi
            Tanaman tembakau memiliki akar tunggang dengan pajang sekitar 50-70 cm. Akar merupakan tempat sintesis nikotin sebelum diangkut melalui pembuluh kayu ke daun. Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan akar antara lain kekerigan dan pemangkasan pucuk dapat megakibatkan meningkatnya kadar nikotin pada tembakau. Tanaman ini mampu mensintesis nikotin dari nitrogen yang diserap sebelum maupun setelah dipangkas. Kondisi kering akan mendorong akar untuk berkembang lebih baik, sehingga meningkatkan penyerapan nitrogen melalui aktivitas akar yang lebih besar yang mengakibatkan kandungan nikotin tanaman meningkat. Kandungan nikotin tembakau madura berkisar antara 0,5-3,5%.
            Batang pohon tembakau berdiri tegak, berwarna hijau muda dan berbulu. Di setiap ketiak daun terdapat titik-titik tumbuh cabang dalam keadaan dorman. Bila batang dipangkas maka titik tumbuh tersebut akan bertunas sebagai sirung. Apabila kondisi lingkungan mendukung sirung akan menjadi cabang dan berkembang menjadi cabang baru yang akan menghambat pertumbuhan tanaman. Temabakau madura termasuk kriteria sedang dengan panjang sirung berkisar antara 0-4 cm.
Dimana habitat yang cocok untuk tembakau?
            Tembakau madura dapat ditanam di beberapa tipe tanah, tetapi mutu yang baik diperoleh pada tanah-tanah grumusol dan regosol dengan pH 6-6,5 pada ketinggian 50-250 mdpl. Tembakau madura sesuai untuk dataran rendah beriklim kering, dengan curah hujan rata-rata 1.200-1.800 mm/th dan menghendaki bulan kering yang tegas selama 4-6 bulan. Tembakau madura ditanam pada akhir musim hujan sehingga pada saat panen tidak terkena hujan.
Fungsi dan manfaat
            Tembakau madura merupakan salah satu tembakau lokal aromatis yang dikembangkan di Pulau Madura. Tembakau dapat dimanfaatkan untuk bahan baku rokok dan sebagian kecil untuk susur.

0 komentar:

Copyright © 2013 Desa Prekbun